Fasilitasi Masyarakat Jawa Tengah

Saat ini masyarakat Jawa Tengah tengah sibuk dengan persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan dilaksanak pada tanggal 26 Mei 2013 serentak di 35 Kabupaten/Kota.
Pemerintahan provinsi Jawa Tengah merupakan wakil dari pemerintah pusat dalam rangka pelaksanaan pemerintahan, hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No  24 Tahun 2011. Jadi sebagai wakil dari pemerintah pusat, Gubernur mempunyai tugas diantaranya:
  1. Koordinasi penyelenggaraan pemerintahan dengan instansi vertikal
  2. Koordinasi antar daerah Kabupaten/Kota
  3. Koordinasi dalam penyusunan, pelaksanaan dan pengendalian Perencanaan Pembangunan 
  4. Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah Kabupaten/Kota
Dalam melaksanakan tugas tersebut tentunya dibutuhkan seorang Pemimpin/Gubernur yang mengerti dan memahami permasalahan yang ada di Provinsi Jawa Tengah, sehingga dalam kapasitasnya sebagai wakil dari pemerintah pusat dalam rangka pembangunan kabupaten/kota yang ada di wilayahnya dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Penduduk
Penduduk Jawa Tengah pada tahun 2011 berjumlah 32.643.612 jiwa atau sekitar 13,54% dari jumlah penduduk Indonesia atau peringkat ke 3 setelah Jawa Barat dan Jawa Timur menurut BPS Jawa Tengah yang tersebar pada 35 Kab/Kota, dengan jumlah penduduk tertinggi ada pada Kabupaten Brebes dengan jumlah penduduk 1.742.528 jiwa sedangkan jumlah penduduk terendah yaitu Kota Magelang dengan jumlah penduduk 118.606 jiwa. 

Ketenagakerjaan
Berdasarkan data per Februari 2013 tingkat pengangguran terbuka di Jawa Tengah mencapai 5,57%, dengan jumlah angkatan kerja berjumlah 16,91 juta orang.

Pertanian
Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi penyangga pangan nasional, oleh karena itu produktivitas padi lebih diutamakan untuk terus dipacu. pada tahun 2011, produktivitas padi sekitar 54,47 kuintal per hektar menurun 2,95% dibandingkan produktivitas tahun sebelumnya. Begitu pula dengan luas panen padi dan jumlah produksi padi yang juga mengalami penurunan, sebagian besar produksi padi merupakan padi sawah yaitu sebesar 97,42%. Produktivitas padi di Kabupaten Brebes adalah tertinggi yakni sebesar 65,19 kuintal per hektar, sedangkan produktivitas terendah tercatat di kabupaten Klaten yaitu 43,19 kuintal per hektar.

Pendidikan
Penduduk yang bersekolah selama periode tahun pelajaran 2010/2011 - 2011/2012 terjadi penurunan jumlah murid pada jenjang pendidikan SD sebesar 2,31%, sedangkan SLTP mengalami peningkatan sebesar 0,25% dan tingkat SLTA meningkat sebesar 4,04%.
Banyaknya universitas/akademi pada tahun akademik 2011/2012 tercatat sebanyak 243 yang terdiri dari 5 PTN dan 238 PTS.

Kesehatan
Tersedianya fasilitas kesehatan yang memadai sangat diperlukan dalam upaya peningkatan status kesehatan dan gizi masyarakat, hal ini akan terwujud bila adanya dukungan dari pemerintah dan swasta.
Pada tahun 2011 jumlah rumah sakit pemerintah sebanyak 67 buah, sementara rumah sakit khusus dan swasta 179 buah, dan didukung pula dengan 867 buah puskesmas.

Berdasarkan data-data tersebut, sebagai masyarakat Jawa Tengah mengharapkan adanya sebauah Fasilitasi yang dilakukan oleh Calon Gubernur dan Wakil Gubernur untuk peningkatan kehidupan masyarakat Jawa Tengah. Masa kampanye sebaiknya digunakan untuk menyampaikan program-program apa yang akan didukung oleh para kandidat untuk mendukung pemerintahan kabupaten/kota untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Beberapa sektor diatas merupakan beberapa hal penting yang harusnya menjadi perhatian bagi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur untuk mengkampayekan program-programnya kepada masyarakat calon pemilih.
Sumber data diolah: BPS.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar