Laporan Keuangan Entitas Nirlaba

Karakteristik entitas nirlaba berbeda dengan entitas bisnis. Perbedaan utama yang mendasar terletak pada cara entitas nirlaba memperoleh sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas operasinya. Entitas nirlaba memperleh sumber daya dari pembei sumber daya yang tidak mengharapkan pembayaran kembali atau manfaat ekonomi yang sebanding dengan jumlah sumber daya yang diberikan.

Tujuan utama laporan keuangan adalah menyediakan informasi yang relevan untuk memenuhi kepentingan pemberi sumber daya yang tidak mengharapkan pembayaran kembali, anggota, kreditur, dan pihak lain yang menyediakan sumber daya bagi entitas nirlaba.

Pihak pengguna laporan keuangan memiliki kepentingan bersama dalam rangka menilai:
  1. Jasa yang diberikan oleh entitas nirlaba dan kemampuannya untuk terus memberikan jasa tersebut.
  2. Cara manajer melaksanakan tanggung jawab dan aspek lain dari kinerjanya.
Secara rinci, tujuan laporan keuangan, termasuk catatan atas laporan keuangan, adalah yang menyajikan informasi mengenai:
  1. jumlah dan sifat aset, liabilitas, dan aset neto entitas nirlaba.
  2. pengaruh transaksi dan peristiwa lain yang mengubah nilai dan sifat aset neto.
  3. jenis dan jumlah arus masuk dan arus keluar sumber daya dalam satu periode dan hubungan antar keduanya.
  4. cara entitas nirlaba mendapatkan dan membelanjakan kas, memperoleh pinjaman dan melunasi pinjaman, dan faktor lain yang berpengaruh terhadap likuiditasnya.
  5. usaha jasa entitas nirlaba.
Setiap laporan keuangan menyediakan informasi berbeda, dan informasi dalam laporan keuangan biasanya melengkapi informasi dalam laporan keuangan lain.

Laporan keuangan entitas nirlaba meliputi:
  1. Laporan posisi keuangan, menyediakan informasi mengenai aset, liabilitas dan aset neto serta informasi mengenai hubungan di antara unsur-unsur tersebut pada waktu tertentu.
  2. Laporan aktivitas, menyediakan informasi mengenai pengaruh transaksi dan peristiwa lain yang mengubah jumlah dan sifat aset neto, hubungan antar transaksi dan peristiwa lain, dan bagaimana penggunaan sumber daya dalam melaksanakan berbagai program atau jasa.
  3. Laporan arus kas, menyajikan informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran kas dalam suatu periode.
  4. Catatan atas laporan keuangan,
Unsur organisasi Pemerintahan yang diharapkan menerapkan Laporan Keuangan Entitas Nirlaba adalah Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), apakah semua BLUD yang ada sudah menerapkan laporan keuangan ini??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar